Trik Tutorial Pembetulan Bila Kipas Angin Mati Total

Monday, August 19, 2019

Bila kita perhatikan buku petunjuk yang biasa disertai pada saat pembelian barang elektronik (pembelian barang baru), hampir semua peralatan listips dapat diperbaiki sendiri tapi kadang tdak semua kita punya nyali untuk membongkar dan memasangnya kembali. Pengalaman saya sendiri ketika memperbaiki laptop, gara-gara tak teliti akhirnya laptop bukannya tambah bagus malah terpaksa keluar uang ketidak sedikitan karena rusak tahap yang seharusnya tak butuh rusak.

Trik Tutorial Pembetulan Bila Kipas Angin Mati Total

Nah kali ini Kipas Angin saya yang mati. Sebelum saya bawa ke Ahlinya, rencana mau saya otak-atik dulu, namun teringat pengalaman yang sudah-sudah maka sebelum mencoba saya buka-buka google dan ketemu Tips dan Langkah - langkah dalam memperbaiki kipas angin sendiri  seperti yang saya kutip dari salah satu blog.

Berikut beberapa tahapan atau langkah-langkah yang dapat Kalian lakukan dalam memperbaiki kipas angin sendiri, silahkan disimak :



Copot kabel power kipas angin terlebih dahulu dari sumber arus (colokan yang mengarah ke sumber arus PLN). Usahakan memperbaiki kipas angin saat kipas angin tak terhubung dengan arus listips.



Cek kabel power kipas angin. Kabel power merupakan penghubung utama antara peralatan listips dengan sumber tegangan atau sumber listips PLN. Kerusakan yang paling sering terjadi pada kabel power merupakan rusaknya kepala jack kabel, misalnya digigit tikus. Kerusakan ini dapat langsung terlihat tanpa membutuhkan alat bantu lainnya. Namun untuk kabel power yang putus di dalam, kita harus mengggunakan alat bantu multitester maupun AVO meter.



Cek koneksi panel pada saklar pengatur kecepatan kipas angin. Bila kabel power masih dalam kondisi bagus, pemeriksaan berlanjut ke komponen selanjutnya yakni saklar kecepatan atau speed switch. Kerusakan yang sering terjadi pada komponen ini merupakan titik kontak yang sudah bengkok atau aus sehingga tak dapat ditekan. Ceklah dengan multitester. Cek tahap koneksi kabel antara kabel kecepatan atau tahap yang menempel pada saklar dengan kabel yang menuju listips langsung (ketidak sedikitan berwarna hitam atau putih) jika kipas angin belum pernah dibongkar. Pada panel tahap saklar kecepatan akan terlihat empat buah kabel yang berasal dari trafo kumparan atau motor kipas angin.



Tiga kabel untuk jalur pengatur kecepatan kipas angin dan 1 kabel untuk jalur menuju sumber arus listips. Sedangkan untuk kipas angin yang hanya memiliki 2 kecepatan, kabelnya hanya ada tiga buah yaitu 2 buah untuk pengatur kecepatan dan 1 buah untuk menuju jalur sumber arus listips PLN. Kabel tersebut harus menunjukkan hubungan langsung ketika diukur menggunakan multitester. Tutorial pengetesannya, potong terlebih dahulu tiap kabel tersebut dari sambungan pada saklar.



Sebaiknya potong tahap tengah kabel supaya mudah menyambungnya jika kalian tak memiliki solder. Atur posisikan saklar multitester pada x1 atau x10, lalu tempelkan ujung kabel pengukur multitester warna merah atau hitam pada kabel yang berasal dari trafo atau kumparan kipas angin tersebut dengan tutorial bergantian. Jika trafo atau kumparan kipas angin dalam kondisi bagus, maka jarum multitester akan bergerak ke kanan menunjukan koneksi.



Jika ada salah satu kabel yang diukur ternyata tak terhubung, itu menandakan ada kerusakan di tahap kumparan. Yang paling sering terjadi merupakan pada tahap kabel yang terhubung ke kabel power listips (warna putih atau hitam). Bila ini yang terjadi, kemungkinan yang putus merupakan Thermofuse (bentuknya kecil seperti resistor) atau sering disebut sekering. Posisinya tertutup dan dibungkus kabel warna hitam dan berada pada kabel power langsung.



Jika tidak, kemungkinan ada yang putus di tahap kawat kumparan atau trafo kipas angin. Jika 100 persen kerusakan terjadi pada tahap kumparan trafo, maka tak dapat diperbaiki sendiri dan harus kalian bawa ke agen layanan servis sesuai merk kipas angin milikmu untuk diperbaiki atau diganti. Cek kapasitor kipas angin. Kejadian yang sering ketidak sedikitan dialami merupakan kipas angin yang berputar lambat. Ini menandakan kapasitornya mulai melemah, rusak, atau bahkan mati.



Ukuran kapasitor pada kipas angin bervariasi, antara 400V/1,8µf hingga 400V/2,5µf. Bentuknya kotak hitam seperti korek api kayu dan terletak di tahap belakang tutup kipas angin.Untuk pengecekan, cukup lihat keadaannya. Jika seperti melembung, membengkak, atau pecah, dipastikan hanya kapasitor ini yang rusak. Lepaskan lalu ganti yang baru. Belilah di toko penjual spare part elektronik. Harganya murah, tak lebih lebih Rp 4.500 hingga Rp 10 ribu.



Sekian postingan Tips Tutorial Pemulihan Bila Kipas Angin Mati Total, semoga menjadi pengetahuan bagi kita semua.
Share on :
 
Copyright © 2015. bof3d.com.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License